Tuesday 11 October 2016

Troubleshooting Lapisan Aplikasi LAN

Post oleh : Unknown | Rilis : 21:26:00 | Series :
Application Layer
Application layer menyediakan jasa untuk aplikasi pengguna, layer ini bertanggungjawab atas pertukaran informasi antara program computer, seperti program e-mail dan servis lain yang berjalan di jaringan seperti server printer atau aplikasi computer l;ainnya.
Berfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan. Mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan. Protocol yanmg berada dalam lapisan ini adalah HTTP, FTP, SMTP, dan NFS. (inspirated, 2011)      
TCP/IP
TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite). Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini. Data tersebut diimplementasikan dalam bentuk perangkat lunak (software) di sistem operasi. Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalah TCP/IP stack (0ch4’s)
DHCP
DHCP (Dynamic Configuration Protocol) adalah layanan yang secara otomatis memberikan nomor IP kepada komputer yang memintanya. Komputer yang memberikan nomor IP disebut sebagai DHCP server, sedangkan komputer yang meminta nomor IP disebut sebagai DHCP Client. Dengan demikian administrator tidak perlu lagi harus memberikan nomor IP secara manual pada saat konfigurasi TCP/IP, tapi cukup dengan memberikan referensi kepada DHCP Server. (Hadi)
FTP
FTP (singkatan dari File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork.

FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. (Agustya, 2013)
Telnet
Telnet (Telecommunication network) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan di koneksi Internet atau Local Area Network. TELNET dikembangkan pada 1969 dan distandarisasi sebagai IETF STD 8, salah satu standar Internet pertama. TELNET memiliki beberapa keterbatasan yang dianggap sebagai risiko keamanan. (Rinocomp2, 2011)
NFS
NFS adalah singkatan dari Network File System, yang pertama kali dikembangkan oleh Sun Microsystems pada tahun 80-an, sebagai sarana untuk berbagi file pada lingkungan kerja diskless. NFS menyediakan sarana untuk berbagi file antar jaringan, sehingga suatu mesin dapat mengakses file-file di mesin lain seolah-olah mengakses file sistem lokal.
Protokol ini bekerja dengan sistem client-server. Server akan meng-export suatu file sistem sehingga dapat di share di jaringan. Selanjutnya, user akan melakukan mounting ke server tersebut. Dengan dukungan NFS yang sudah sangat matang di kernel, berbagai distro kini umumnya telah memasukkan NFS sebagai salah satu file sistem yang akan di mount pada saat booting. Dengan demikian, user tidak perlu sama sekali tahu apa yang terjadi. File yang diakses akan terlihat lokal, walau tersimpan dimesin yang berbeda. (ANANDA, 2014)
HTTP
Definisi HTTP – Singkatan dari “Hypertext Transfer Protocol.” HTTP adalah protokol yang digunakan untuk mentransfer data melalui web. Ini adalah bagian dari protokol Internet dan mendefinisikan perintah dan jasa yang digunakan untuk transmisi data sebuah halaman web.
HTTP menggunakan model server-client. Seorang klien, misalnya, semisal komputer rumahan, laptop, atau perangkat mobile. Server HTTP biasanya sebuah web host yang menjalankan perangkat lunak web server, seperti Apache atau IIS. Ketika Anda mengakses situs web, browser Anda mengirimkan permintaan ke web server yang sesuai dan merespon dengan kode status HTTP. Jika URL tersebut valid dan koneksi diberikan, server akan mengirimkan browser Anda halaman web dan file yang tertaut. (wikitekno, 2016)

Daftar Pustaka

0ch4’s. (n.d.). Pengertian TCP/IP. Retrieved September 5, 2016, from 0ch4’s weblog: https://0ch4.wordpress.com/pengertian-tcpip/
Agustya, K. (2013, Januari 4). Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja FTP. Retrieved September 5, 2016, from agustya blog: http://agustya-blog.blogspot.co.id/2013/01/pengertian-fungsi-dan-cara-kerja-ftp.html
ANANDA, F. D. (2014, November 18). PENGERTIAN DAN CARA NETWORK FILE SHARING (NFS). Retrieved September 5, 2016, from FELLYADR: http://felly-adr.blogspot.co.id/2014/11/pengertian-dan-cara-network-file.html
Hadi. (n.d.). Pengertian Dan Kelebihan DHCP. Retrieved September 5, 2016, from WELCOME TO HADI 271091’S: https://hadi27.wordpress.com/pengertian-dan-kelebihan-dhcp/
inspirated, m. (2011, Januari 8). 7 OSI Layer beserta fungsinya. Retrieved September 5, 2016, from Berbagi: http://pocalypse.blogspot.co.id/2011/01/7-osi-layer.html
Rinocomp2. (2011, Mei 7). Pengertian Telnet dan Cara Kerjanya. Retrieved September 5, 2016, from Rinocomp Site Information and Technology: http://rinocomp2.blogspot.co.id/2011/05/pengertian-telnet-dan-cara-kerjanya.html
wikitekno. (2016, Januari 4). HTTP (Hypertext Transfer Protocol). Retrieved September 5, 2016, from Definisi Teknologi: http://wikitekno.net/2016/01/http.html


Download file docx dibawah ini



google+

linkedin