Saturday 11 February 2017

Troubleshooting Lapisan Presentasi WAN

Post oleh : Unknown | Rilis : 20:28:00 | Series :
Pendahuluan
WAN adalah singkatan dari Wide Area Network adalah suatu jaringan yang digunakan sebagai jaringan yang menghubungkan antar jaringan lokal. Jaringan komputer lokal secara fisik tidak hanya yang berdekatan satu sama lain, namun menggunakan satu grup alamat IP yang sama. Jaringan lokal bisa satu ruangan, satu kantor atau bahkan satu kota. Sedangkan WAN sendiri adalah jaringan yang menghubungankan antar jaringan lokal ini dalam satu kota, provinsi atau bahkan antar negara.
Perbedaan antara jaringan WAN dan LAN ada pada jenis media yang digunakan. Umumnya jaringan lokal atau LAN menggunakan media jaringan yang sejenis. Sedangkan WAN terhubung dengan perangkat dengan media transmisi dan protocol yang berbeda-beda. Area cakupan WAN juga sangat luas, namun menyatukan jaringan tersebut seolah-olah seperti berada dalam satu ruangan. (kurniawan, 2016)

Presentation layer jaringan komputer merupakan sebuah lapisan yang berada pada model lapisan OSI layer, yang berada pada level atau lapisan kedua ketika sebuah data atau informasi akan dikirim, dan berada pada layer ke enam pada saat sebuah data akan diterima oleh user. Layer presentation ini memiliki fungsi utama sebagai penerjemah, yaitu menterjemahkan aplikasi menjadi bentuk data yang akan ditransmiiskan ke layer – layer berikutnya, dan juga sebaliknya, yaitu mentranslasikan atau menterjemahkan data – data ke dalam bentuk aplikasi. (S.Kom, 2016)

Abstrak Sintaks Notasi 1 (ASN 1)
Abstrak sintaks notasi satu (lebih dikenal sebagai ASN.1) adalah bahasa untuk menentukan standar tanpa penerapan. Ini adalah bahasa penulis standar. Ketika John Smith di CalTech ingin menulis rekomendasi untuk standarisasi prosedur yang salah satu komponen berikut untuk berbicara dengan komponen lain, ia menulis rekomendasi dalam notasi ASN.1, dan mengajukan rekomendasi untuk badan standar seperti ITU. ASN.1 memfasilitasi komunikasi antara profesional dan Komite dengan menawarkan bahasa umum untuk menggambarkan standar. ASN.1 ditetapkan di X.209 Rekomendasi ITU-T dan X.690. (asthuthiek, 2014)

Sebagai contoh, ASN.1 mendefinisikan:
·         “Jenis apa” adalah.
·         Apa “modul” dan harus tampilan.
·         Apa adalah bilangan bulat.
·         Apa yang BOOLEAN.
·         Adalah “terstruktur jenis”.
·         Kata kunci tertentu maksud (untuk contoh, mulai, akhir, impor, ekspor, eksternal, dan sebagainya).
·         Cara “tag” jenis sehingga dapat dengan benar dikodekan. (AINI, 2016)

X Window
X-Windows (atau X11 atau X) adalah sistem grafis dan penjendelaan bagi sistem operasi UNIX dan sistem-operasi-mirip-UNIX yang dikembangkan di Massachusetts Institute of Technology (MIT) sejak tahun 1984.
Dengan menggunakan X-Windows dan aplikasi Windows Manager, sebuah komputer dengan sistem operasi UNIX dapat memiliki sistem GUI (Graphical User Interface), seperti:
·         KDE
·         GNOME
·         fvwm
·         AfterStep. (X Window System)

Daftar Pustaka

AINI, D. N. (2016, Oktober 8). TROUBLESHOOTING LAPISAN PRESENTASI JARINGAN LAN – XII TKJ. Retrieved Januari 4, 2017, from geometryarts: https://thegeometryarts.wordpress.com/2016/10/08/troubleshooting-lapisan-sesi-jaringan-presentasi-xii-tkj/
asthuthiek, v. f. (2014, November 11). ASN 1. Retrieved Januari 4, 2017, from bintang kedamaian: http://vhenniefhuji23.blogspot.co.id/2014/11/asn-1.html
kurniawan, d. (2016, November). troubleshooting lapisan presentasi jaringan WAN. Retrieved Januari 4, 2017, from kurniawantkjstmi1blt: http://kurniawan-tkj16.blogspot.co.id/2016/11/troubleshooting-lapisan-presentasi.html
S.Kom, D. (2016, Januari 20). Presentation Layer Jaringan Komputer. Retrieved Januari 4, 2017, from http://dosenit.com/: http://dosenit.com/jaringan-komputer/teknologi-jaringan/presentation-layer-jaringan-komputer
X Window System. (n.d.). Retrieved Januari 4, 2017, from wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/X_Window_System



Biography
Nama : Mohamad Syamsul Arifin
Kelas : XII TKJ 2
No : 13 
Motto : Be Yourself

Download File-nya disini

google+

linkedin