Tuesday 15 November 2016

Troublehooting Lapisan Data Link Jaringan WAN

Post oleh : Unknown | Rilis : 20:02:00 | Series :
Ethernet Mekanisme Akses
Ethernet merupakan jenis perkabelan dan pemrosesan sinyal untuk data jaringan komputer yang dikembangkan oleh Robert Metcalfe dan David Boggs di Xerox Palo Alto Research Center (PARC) pada tahun 1972.
Ethernet merupakan sebuah teknologi yang sudah dikenal oleh masyarakat luas sebagai interface yang digunakan untuk konektivitas perangkat komputer maupun laptop, hampir di setiap jaringan LAN (Local Area Network) di seluruh dunia. (Nilawati, 2013)
Full Duplex Ethernet
Sebuah ilustrasi sederhana dari sistem komunikasi full-duplex. Full-duplex tidak umum di radio genggam seperti yang ditunjukkan di sini karena biaya dan kompleksitas metode dupleks umum, namun digunakan dalam telepon, handphone, dan telepon nirkabel.
Sebuah full-duplex (FDX) sistem, atau kadang-kadang disebut double-duplex, memungkinkan komunikasi dua arah, dan, tidak seperti setengah-duplex, memungkinkan hal ini terjadi secara bersamaan. (dudung, 2015)

Format Bingkai Ethernet

Sebagai penjelasan isi bingkai ethernet adalah sebagai berikut:
Preamble: memuat 7 byte (56 bit) rangkaian bolak-balik bit 0 dan 1. Kegunaannya untuk sinkronisasi pada komputer penerima.
Start frame delimiter : berisi 1 byte dengan nilai (10101011). Digunakan sebagai flag dan sinyal mulainya frame.
Destination address: Berisi 6 byte yang memuat physical address untuk komputer yang dituju.
Source address: Berisi 6 byte yang memuat physical address untuk komputer pengirim.
Type: berisi informasi yang menentukan jenis data yang dibungkus (encapsulated) pada frame.
Data: berisi data dari lapisan di-atasnya. Panjang data harus berkisar antara 46 dan 1500 byte. Apabila data yang didapat dari lapisan di-atasnya kurang dari 46 byte, maka ditambahkan byte2 yang disebut padding sehingga melengkapi jumlah minimum yakni 46 byte. Namun apablia data lebih besar dari 1500 byte, maka lapisan di atasnya harus mengfrgmentasikannya dalam pecahan-pecahan 1500 byte.
Cyclic redudancy check: berisi 4 byte sebagai error detection. Jenis CRC yang digunakan adalah CRC-32. (Indra, 2014)
Pemanfaatan Jaringan Perhitungan dan Efisiensi Bandwidth Pada Ethernet
Bandwidth adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Dalam kerangka ini, Bandwidth dapat diartikan sebagai perbedaan antara komponen sinyal frekuensi tinggi dan sinyal frekuensi rendah. frekuensi sinyal diukur dalam satuan Hertz. Sinyal suara tipikal mempunyai Bandwidth sekitar 3 kHz, analog TV broadcast (TV) mempunyai Bandwidth sekitar 6 MHz. (Silfiana, 2016)
Proses Token Passing
Mengatur pengiriman data pada host melalui media dengan menggunakan token yang secara teratur berputar pada seluruh host. Host hanya dapat mengirimkan data hanya jika host tersebut memiliki token. Dengan token ini, collision dapat dicegah. (Hendri, 2009)

Daftar Pustaka

dudung. (2015, Januari 11). Pengertian Simplex, Half Duplek Dan Full Duplek Menurut Ahli Teknologi. Retrieved November 2, 2016, from Dosen Pendidikan: http://www.dosenpendidikan.com/pengertian-simplex-half-duplek-dan-full-duplek-menurut-ahli-teknologi/
Hendri. (2009, Oktober 6). TOPOLOGI JARINGAN. Retrieved November 2, 2016, from Blognya si Hendri ™: http://hendri.staff.uns.ac.id/2009/10/topologi-jaringan-komputer/
Indra, A. (2014, Februari 12). Frame Format (format bingkai). Retrieved November 2, 2016, from Citra Teknologi: https://citra-teknologi.blogspot.co.id/2014/02/frame-format-format-bingkai.html
Nilawati, D. (2013, Desember 3). Apa itu ethernet ? Retrieved November 2, 2016, from { Desi Nilawati }: http://desinilawati.blogspot.co.id/2013/12/apa-itu-ethernet.html
Silfiana, S. (2016, September 21). KD 9 pemanfaatan jaringan perhitungan dan efisiensi bandwidth pada ethernet. Retrieved November 2, 2016, from KD 8 Troubleshooting lapisan fisik Jaringan: http://selasilfiana01.blogspot.co.id/2016/09/kd-9-pemanfaatan-jaringan-perhitungan.html

Download file docx dibawah ini


google+

linkedin