Saturday 11 February 2017

Troubleshooting Lapisan Aplikasi WAN

Post oleh : Unknown | Rilis : 20:31:00 | Series :
HTTP
HTTP singkatan dari Hypertext Transfer Protocol adalah suatu protokol yang digunakan untuk mengirim dokumen atau halamamn dalam WWW atau World Wide Web. Sedangkan pengertian HTTP menurut kamus besar adalah protokol jaringan untuk didistribusikan, kolaboratif, sistem informasi hypermedia. HTTP adalah dasar dari komunikasi data untuk WWW. (Hidayat, 2015)
NCP
 NetWare Core Protocol (NCP) adalah protokol jaringan yang digunakan di beberapa produk dari Novell, Inc. Hal ini biasanya berhubungan dengan client-server sistem operasi Novell NetWare yang awalnya didukung terutama MS-DOS stasiun klien, namun dukungan kemudian untuk platform lain seperti sebagai Microsoft Windows , yang klasik Mac OS , Linux , Windows NT , Mac OS X , dan berbagai rasa Unix ditambahkan.
NCP digunakan untuk mengakses berkas , cetak , direktori , sinkronisasi jam , messaging, perintah eksekusi jarak jauh dan fungsi layanan jaringan lainnya. Ini awalnya mengambil keuntungan dari konfigurasi jaringan yang mudah dan jejak memori sedikit dari IPX / SPX protokol stack. Sejak pertengahan 1990-an TCP / IP implementasi tersedia. (faisal, 2016)
Studi Kasus : Jaringan Lambat
Conlussion
Istilah collision domain mendefinisikan sekumpulan perangkat jaringan dimana data frame mereka bisa saling bertabrakan. Semua piranti yang disebut diatas menggunakan hub yang berresiko collisions antar frame yang dikirim, sehingga semua piranti dari jenis jaringan Ethernet ini berada pada collision domain yang sama.
Bagaimana solusi menghilangkan collision domain dan algoritma CSMA/CD yang bisa membuat jaringan anda lambat, adalah mengganti jaringan HUB anda dengan Switch LAN. Switch tidak menggunakan BUS secara ber-sama2 seperti HUB, akan tetapi memperlakukan setiap port tunggal sebagai sebuah BUS terpisah sehingga tidak mungkin terjadi tabrakan.
Studi Kasus : Jaringan Lambat II
Bottlenecks
Beban user yang sangat tinggi untuk mengakses jaringan akan menyebabkan bottleneck jaringan yang mengarah pada kelambatan jaringan. Aplikasi yang memakan bandwidth yang sangat tinggi seperti aplikasi video dapat menyumbangkan suatu kelambatan jaringan yang sangat significant karena seringnya mengakibatkan system jaringan menjadi bottleneck. (susetia, 2016)
Studi Kasus: Login Response Time Terdegradasi
Menurut Cooling pada buku Software Design for Real Time Systems (1991): Sistem Waktu Nyata adalah sistem yang harus memprodukis respon yang tepat dalam suatu batasan waktu yang tentu. Komputer yang responnya melebihi batasan waktu ini akan memberikan performansi yang terdegradasi atau malfunction. Sebuah sistem waktu nyata membaca input dari plant dan mengirim sinyal kontrol ke plant pada waktu-waktu yang ditentukan oleh pertimbangan operasional dari plant bukan oleh sistem computer. (admin, 2012)
Beberapa factor yang mempengaruhi Response Time yakni :
1.         Jumlah pengguna
Semakin banyak jumlah pengguna maka akan semakin lambat. Meskipun demikian,di dalam waktu waktu puncak (peak load periods) jumlah pengguna bisa melebihi rata-rata hasil estimasi tersebut sehingga dapat menurunkan performance. Bagaimana dan seberapa besar suatu jaringan memberikan response dapat dikatakan sebagai ukuran dari performance jaringan.
2.         Kecepatan transmisi
Kecepatan transfer data dalam dunia komputer dan telekomunikasi adalah jumlah data dalam bit yang melewati suatu medium dalam satu detik. Umumnya dituliskan dalam bit per detik (bit per second) dan disimbolkan bit/s atau bps bukan bits/s. Seringkali disalahartikan dengan bytes per second atau B/s atau Bps. (Muzakki, 2016)
SMB
Server Message Block disingkat SMB adalah istilah bahasa Inggris dalam teknologi informasi yang mengacu kepada protokol client/server yang ditujukan sebagai layanan untuk berbagi berkas (file sharing) di dalam sebuah jaringan. Protokol ini seringnya digunakan di dalam sistem operasi Microsoft Windows dan IBM OS/2. Sistem operasi berbasis UNIX juga dapat menggunakannya dengan tambahan perangkat lunak yang disebut dengan SAMBA. (wikipedia)

Daftar Pustaka

faisal, a. (2016, November 2). Troubleshooting Lapisan Aplikasi Jaringan WAN. Retrieved Januari 4, 2017, from No Lesson No Life: http://brainware-komputer.blogspot.co.id/2016/11/troubleshooting-lapisan-aplikasi.html
Hidayat, R. (2015, Desember 15). Pengertian HTTP dan Fungsi HTTP (Hypertext Transfer Protocol). Retrieved Januari 4, 2017, from Kita Punya: http://www.kitapunya.net/2015/12/pengertian-fungsi-http.html
Muzakki, A. Z. (2016, Oktober 23). TROUBLESHOOTING LAPISAN APLIKASI JARINGAN WAN. Retrieved Januari 4, 2017, from Blogger Adalah Jendela Dunia: http://jawatimur-belajar.blogspot.co.id/2016/10/troubleshooting-lapisan-aplikasi.html
Server Message Block. (n.d.). Retrieved Januari 4, 2017, from wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Server_Message_Block
susetia, i. (2016, November 18). troubleshooting lapisan aplikasi jaringan WAN. Retrieved Januari 4, 2017, from ilham: http://ilhamhady.blogspot.co.id/2016/11/troubleshooting-lapisan-aplikasi.html
wikipedia. (n.d.). Server Message Block. Retrieved Januari 4, 2017, from wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Server_Message_Block

Biography
Nama : Mohamad Syamsul Arifin
Kelas : XII TKJ 2
No : 13 
Moto : Be Yourself

Download File-nya disini

google+

linkedin