Saturday 11 February 2017

Pemecahan Masalah Pada Perangkat Jaringan Nirkabel

Post oleh : Unknown | Rilis : 20:34:00 | Series :
Jaringan nirkabel adalah bidang disiplin yang berkaitan dengan komunikasi antar sistem komputer tanpa menggunakan kabel. Jaringan nirkabel ini sering dipakai untuk jaringan komputer baik pada jarak yang dekat (beberapa meter, memakai alat/pemancar bluetooth) maupun pada jarak jauh (lewat satelit). Bidang ini erat hubungannya dengan bidang telekomunikasi, teknologi informasi, dan teknik komputer. Jenis jaringan yang populer dalam kategori jaringan nirkabel ini meliputi: Jaringan kawasan lokal nirkabel (wireless LAN/WLAN), dan Wi-Fi. (wikipedia)
Perangkat Bluetooth
Bluetooth adalah suatu peralatan media komunikasi yang dapat digunakan untuk menghubungkan sebuah perangkat komunikasi dengan perangkat komunikasi lainnya, bluetooth umumnya digunakan di handphone, komputer atau pc, tablet, dan lain-lain. Fungsi bluetooth yaitu untuk mempermudah berbagi atau sharing file, audio, menggantikan penggunaan kabel dan lain-lain. Saat ini sudah banyak sekali perangkat yang menggunakan Bluetooth. (Bastira, 2016)
Perangkat Access point
Access Point adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote. Dengan access points (AP) clients wireless bisa dengan cepat dan mudah untuk terhubung kepada jaringan LAN kabel secara wireless.
Secara garis besar, access Point berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network).
Atau jika ingin diperinci lebih jelas lagi fungsi access point adalah sebagai berikut :
1. Mengatur supaya AP dapat berfungsi sebagai DHCP server
2. Mencoba fitur Wired Equivalent Privacy (WEP) dan Wi-Fi Protected Access(WPA)
3. Mengatur akses berdasarkan MAC Address device pengakses
4. Sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel (sanha, 2015)
Perangkat Grid antenna
Antenna Grid adalah alat yang dipakai untuk mengirim, menerima, memperkuat signal wireless untuk melakukan koneksi point to point, atau point to multipoint dalam bentuk antena. Antenna Grid ditujukan untuk hostspot diluar ruangan (outdoor). Antenna Grid terbagi menjadi 2 macam dengan frekuensi yang berbeda yaitu :
1. Grid Antena 2,4 GHz
2. Grid Antena 5,8 GHz
Antenna Grid memiliki jarak tembak sinyal yang cukup jauh, yakni sekitar 15 KM. Jangkauan sinyalnya sekitar 15-25 KM jika tidak ada hambatan. (kurniawan, 2016)
Perangkat Antena omnidirection
Antena omnidirectional adalah sebuah perangkat penerima yang mampu mengirim dan menerima sinyal dari segala arah. Antena jenis ini dapat digunakan untuk menerima sinyal siaran televisi atau siaran audio dari stasiun radio, atau memungkinkan perangkat robot untuk dioperasikan dengan menggunakan microwave atau teknologi wireless. Handphone atau layanan telepon selular, serta koneksi internet nirkabel, menggunakan antena omnidirectional sebagai bagian dari proses broadcasting sinyal stabil ke perangkat tersebut. (hendri, 2011)
Perangkat Antena pico
Pico stasiun ini adalah Access point kecil yang dapat diletakan diluar ruangan.Untuk lebih lanjut silahkan baca selanjutnya. (Dede, 2012)
Pico Stasiun itu menurut pendapat saya adalah alat yang hampir mirip seperti Nano Stasiun yang dapat mengubah modenya menjadinya AP,AP WDS,Stasiun dan Stasiun WDS tetapi cuma ukurannya lebih kecil dari Nano Stasiun. (MUZAKKI, 2016)
Perangkat Wireless Repeater / Router
Pengertian router. Router merupakan perangkat keras jaringan komputer yang dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang sama atau berbeda. Router adalah sebuah alat untuk mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet untuk dapat menuju tujuannya, proses tersebut dinamakan routing.
Fungsi router. Router memiliki fungsi utama untuk membagi atau mendistribusikan IP address, baik itu secara statis ataupun DHCP atau Dynamic Host Configuration Procotol kepada semua komputer yang terhubung ke router tersebut. Dengan adanya IP address yang unik yang dibagikan router tersebut kepada setiap komputer dapat memungkinan setiap komputer untuk saling terhubung serta melakukan komunikasi, baik itu pada LAN atau internet. (Yovi, 2015)

Daftar Pustaka

Bastira, A. (2016, November 9). Pemecahan masalah pada perangkat jaringan nirkabel. Retrieved Januari 4, 2017, from Teknologi Dunia: http://bastqwerty.blogspot.co.id/2016/11/02-agil-bastira-pemecahan-masalah-pada.html
hendri. (2011, Mei 20). APA ITU OMNIDIRECTIONAL? Retrieved January 4, 2017, from BLOG INTERN: http://hendri-tkjdismknukaplongan.blogspot.co.id/2011/05/apa-itu-omnidirectional.html
kurniawan, d. (2016, November 24). Pemecahan masalah pada perangkat jaringan nirkabel. Retrieved January 4, 2017, from kurniawantkjstmi1blt: http://kurniawan-tkj16.blogspot.co.id/2016/11/pemecahan-masalah-pada-perangkat.html
MUZAKKI, A. Z. (2016, Oktober 25). Troubleshooting Perangkat Jaringan Nirkabel. Retrieved January 4, 2017, from Blogger Adalah Jendela Dunia: http://jawatimur-belajar.blogspot.co.id/2016/10/troubleshooting-perangkat-jaringan.html
sanha. (2015, Desember 6). Pengertian Access Point dan Fungsinya. Retrieved Januari 4, 2017, from wirelessmode: http://www.wirelessmode.net/pengertian-access-point-dan-fungsinya.html
wikipedia. (n.d.). Jaringan nirkabel. Retrieved Januari 4, 2017, from wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_nirkabel
Yovi, M. (2015, Mei 25). Pengertian Router, Fungsi Router, dan Cara Kerja Router. Retrieved January 11, 2017, from woocara: http://woocara.blogspot.co.id/2015/05/pengertian-router-fungsi-router-dan-cara-kerja-router.html


Nama : Mohamad Syamsul Arifin
Kelas : XII TKJ 2
No : 13 
Motto : Be Yourself

Download File-nya disini

google+

linkedin